FORUM MANDAILING

ro ho, ro au , rap ro ma hita, rap ro rap ra

ambukon mada gut-gut i

HORAS TONDI MATOGU PIR TONDI MADINGIN

kepada seluruh pengunjung forum mandaling yang terhormat, forum ini belum memiliki moderator untuk mengendalikan seluruh thread dengan beberapa kategori, di mohonkan tu koum-koum yang luang waktu untuk dapat bergabung menjadi moderator forum ini, hanya membutuhkan loyalitas dan pengetahuan tentang mandailing agar forum ini bisa berkembang ke depannya, terimakasih

    Aturan Dasar Forum Mandailing

    Share

    Admin
    Admin

    Jumlah posting : 22
    Reputasi-mu : 0
    Join date : 22.02.11

    Aturan Dasar Forum Mandailing

    Post  Admin on Thu Feb 24, 2011 9:23 pm

    Netiket (Etika ber-internet) umum yang berlaku di semua forum juga digunakan dalam Forum Mandailing. Diskusi harus dilakukan dengan Bahasa Mandaling atau Bahasa Indonesia jika tidak mengerti Bahasa mandailing, tentunya dengan bahasa yang baik dan tidak diijinkan menggunakan bahasa atau pernyataan yang mengandung penghinaan terhadap unsur-unsur SARA.

    Kami berharap semua orang untuk menghormati aturan forum (lihat di bawah). Dalam Forum Mandailing kita memiliki beberapa moderator yang diangkat untuk menegakkan ketertiban dan memastikan bahwa aturan-aturan dipatuhi. Ikuti setiap anjuran guru (jika moderator memberitahu anggota) untuk menghapus thread, posting atau merubah suatu perilaku, maka para anggota wajib melakukannya.

    Pelanggaran terhadap aturan forum dapat mengakibatkan hukuman (reputasi buruk atau peringatan). Pelaksanaan hukuman diserahkan sepenuhnya kepada para moderator. Pengulangan pelanggaran aturan dapat mengakibatkan hukuman yang lebih berat. Dalam kasus-kasus pelanggaran yang sangat berat terhadap aturan forum dapat mengakibatkan pencekalan atau penghapusan status balarupa dari Forum Mandailing.


    Perlu diketahui juga bahwa mungkin terdapat aturan-aturan tambahan di setiap subforum yang berbeda.


    Berikut ini adalah peraturan dasar yang berlaku di Forum Mandailing:


    1. Penulis bertanggung jawab terhadap setiap kata-kata yang dia tuliskan (post) di forum.


    Semua pendapat dalam posting mewakili penulisnya, bukan Admin atau moderator yang menjaga di subforum tersebut. Apabila ada keberatan yang diajukan anggota lainnya terhadap pendapat yang dinyatakan penulis, maka penulis wajib untuk memberikan argumen yang kuat dengan disertai bukti-bukti yang dapat mendukung pendapatnya tersebut. Penggunaan bahasa yang sopan harus dapat dipertahankan, & setiap bahasa yang kasar akan mendapatkan teguran.



    2. Berbicaralah dengan cara yang sopan & menyenangkan.[

    Anda harus berbicara dengan cara yang menyenangkan dan sopan apabila diizinkan untuk mengambil bagian dalam sebuah diskusi. Tulisan yang menyinggung, kasar, cabul, mengancam, memprovokasi atau dengan cara lain melanggar aturan yang ada, pasti akan dihapus. Setiap anggota yang berulang-ulang menulis pesan yang sama akan kehilangan haknya untuk mengirim pesan di forum atau bahkan mungkin kehilangan keanggotaannya Forum Mandailing.



    3. Fokus untuk membahas subjek dan tidak membajak thread (Out of Topic - OOT).


    Setiap anggota group dapat mengirimkan tulisan (artikel, paper, dll), link, video, gambar dan membuat topik yang berhubungan dengan berbagai aspek kehidupan masyarakat Mandailing di masa lalu, sekarang dan harapan di masa depan, baik itu menyangkut bahasa, seni, maupun kehidupan sosial-budaya yang bermanfaat untuk memperkuat jati diri serta mengangkat harkat dan martabat orang (suku-bangsa) Mandailing dimanapun berada. Anda harus tetap pada subjek ketika Anda memulai sebuah thread baru di forum atau ketika Anda berkontribusi ke thread yang sudah ada. Posting pesan yang tidak ada hubungannya dengan subjek di thread atau tidak termasuk dalam setiap forum lainnya adalah melanggar aturan. Jika tulisan, link, video, dan gambar tersebut tidak berhubungan langsung dengan point 1 di atas, tetapi dianggap cukup penting, sebaiknya di letakkan pada OUT OF TOPIC.



    4. Gunakan judul yang jelas.


    Ketika Anda memulai thread baru, berikan judul yang jelas, mudah dipahami dan dapat menggambarkan isi secara lugas. Sesuaikan juga dengan fungsi dari masing-masing subforum. Contoh dari judul thread yang buruk: "Saya memiliki pertanyaan", "Mengapa tidak berfungsi", "Newbie nih bantuin dong" dan "ummm ...". Contoh judul yang baik: "Tokoh mandailing Yang tak dikenal?", "Kesenian Membuat hari baru" dan "Saran untuk kategori forum".



    5. Cobalah untuk mencari jawaban dengan jalan-jalan ke sub Forum Mandailing sebelum Anda mengajukan pertanyaan.


    Sebagian besar pertanyaan dapat anggota temukan jawabannya di FAQ, di subforum dll. Cari dulu jawabannya sebelum Anda mengajukan pertanyaan di forum. Ini akan membuat anggota & pendatang lainnya lebih mudah dalam mencari informasi.



    6. Forum ini bukan tempat untuk ngobrol (chatting). Jika Anda tidak punya pernyataan penting yang sesuai dengan judul thread, maka jangan menulis apa-apa.

    Untuk Chatting Anggota dapat melakukannya di CHATBOX

    Agar forum tidak penuh dengan pesan yang tidak penting (OOT), anggota harus menghindari menulis posting jika Anda tidak punya jawaban yang berharga untuk ditawarkan. Tidak ada seorang pun berminat untuk membaca "alale baya" atau "Saya tidak tahu" atau "oloda puang/lian/ucok"..."tariiiikk". Jika Anda tidak memiliki jawaban yang baik maka Anda tidak harus menjawab. Selain itu, anda seharusnya tidak melakukan diskusi pribadi. Hal ini harus dilakukan melalui pesan pribadi di kotak surat.



    7. Jangan bertindak sebagai polisi forum atau orang-yang-tahu-semua-peraturan.


    Jika Anda berpikir ada yang melanggar aturan di atas jangan mengeluh tentang orang tersebut di forum. Laporkan pesan atau hubungi Moderato melalui Pesan/PM/Private Message.



    8. Hubungi Moderator melalui pesan pribadi.


    Diskusi mengenai keputusan Moderator / perilaku anggota lainnya harus dilakukan secara langsung dengan moderator dan tidak di forum. Ini juga termasuk diskusi tentang thread yang dikunci (locked thread). Ketika moderator mengunci sebuah thread, maka itu adalah untuk kebaikan semua anggota. Jika alasan penguncian tidak diposting di thread atau Anda tidak menemukan penjelasan yang memuaskan, dipersilahkan mendiskusikan hal ini dengan moderator melalui pesan pribadi.



    9. Tidak diperkenankan bumping thread (menyundul / mengangkat thread).


    Jangan mengangkat thread lama yang sudah tidak memerlukan diskusi lebih lanjut.

    9.Terjemahkan jika ada anggota yang tidak mengerti isi thread.

    Apabila ada anggota Forum Mandaling yang tidak mengerti isi therad yang anda buat karena menggunakan bahasa mandailing, contoh: generasi/turunan para perantau yang begitu cinta dengan Mandailing, dimohon pembuat therad bersedia menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris.

    tar sai majolo hata-hata ni poda on, mudah-mudah pade ma nian aha na dapot hita sian on, tarimo kasi tu koum-koum tu sude partisipasina.
    Laughing Laughing Laughing Laughing

      Waktu sekarang Sun Aug 20, 2017 9:16 am