FORUM MANDAILING

ro ho, ro au , rap ro ma hita, rap ro rap ra

ambukon mada gut-gut i

HORAS TONDI MATOGU PIR TONDI MADINGIN

kepada seluruh pengunjung forum mandaling yang terhormat, forum ini belum memiliki moderator untuk mengendalikan seluruh thread dengan beberapa kategori, di mohonkan tu koum-koum yang luang waktu untuk dapat bergabung menjadi moderator forum ini, hanya membutuhkan loyalitas dan pengetahuan tentang mandailing agar forum ini bisa berkembang ke depannya, terimakasih

    GONDANG oleh EDI NASUTION

    Share

    Admin
    Admin

    Jumlah posting : 22
    Reputasi-mu : 0
    Join date : 22.02.11

    GONDANG oleh EDI NASUTION

    Post  Admin on Wed Mar 02, 2011 8:29 pm

    GONDANG



    Terminologi “GONDANG” dalam bahasa Mandailing mengandung beberapa pengertian yaitu: alat musik, gabungan dari sejumlah alat musik (ensambel), nama lagu atau repertoar, irama atau ritmik, jenis musik tertentu, dan sebagai musik itu sendiri, yang erat kaitannya dengan unsur-unsur kebudayaan Mandailing lainnya. Sehubungan dengan itulah situs ini diberi nama Gondang yang isinya memuat informasi tentang seni dan budaya suku-bangsa Mandailing.

    Suku-bangsa Mandailing bermukim di pedalaman pesisir pantai barat daya pulau Sumatra dan wilayah pemukiman mereka itu di sana dikenal dengan berbagai nama sebutan yaitu Tano Sere, Tano Rura, Luat Mandailing atau Banua Mandailing yang memiliki batas-batas wilayah tertentu. Secara tradisional orang Mandailing membagi wilayah pemukiman mereka menjadi dua bahagian utama yaitu Mandailing Godang dan Mandailing Julu. Sebelum proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, wilayah Mandailing Godang berada dibawah kekuasaan raja-raja bermarga Nasution, sedangkan wilayah Mandailing Julu dikuasai dan diperintah oleh raja-raja bermarga Lubis. Di samping marga Lubis dan Nasution terdapat pula marga-marga lainnya seperti Pulungan, Rangkuti, Parinduri, Batubara, Daulae, Matondang, dan sebagainya.

    Di sebelah utara, Mandailing berbatas dengan Angkola yang perbatasannya terletak di suatu tempat bernama Simarongit di Desa Sihepeng. Sedangkan perbatasannya dengan Padang Bolak berada di suatu tempat bernama Rudang Sinabur. Di sebelah barat Mandailing terletak wilayah Natal yang perbatasannya terletak di suatu tempat bernama Lingga Bayu. Sebelah selatan wilayah Mandailing berbatas dengan Pasaman (Sumatera Barat) yang perbatasannya terletak di suatu tempat bernama Ranjo Batu. Namun batas wilayah Mandailing dengan wilayah sebelah timur tidak diketahui karena tidak pernah disebut-sebut orang.

    Seperti halnya suku-suku bangsa lain di Nusantara, orang Mandailing juga memiliki aneka ragam musik tradisional yang keadaannya sangat memprihatinkan di era globalisasi ini karena semuanya sudah berada di ambang kepunahan.

    Adapun alat-alat musik tradisional Mandailing dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

    Membranofon : gordang sambilan dan gondang dua.
    Aerofon : suling, salung, sordam, tulila, katoid, saleot, dan uyup-uyup.
    Metalofon : ogung, momongan, doal, dan talisasayat.
    Idiofon : etek, dongung-dongung, pior, gondang aek dan eor-eor.
    Kordofon : gordang tano dan gondang bulu.

    Repertoar musik tradisional (gondang) Mandailing

    1. Jolo-jolo Turun; 2. Alap-alap Tondi; 3. Moncak (Kutindik); 4. Raja-raja; 5. Ideng-ideng; 6. Tua; 7. Sampuara Batu Magulang; 8. Padang (Roba) Na Mosok; 9. Mandailing; 10. Pamulihon; 11. Udan Potir; 12. Porang; 13. Sarama Datu; 14. Sarama Babiat; 15. Lima (Bombat); 16. Roto; 17. Sampedang; 18. Aek Magodang (Touk); 19. Mamele Begu; 20. Mangido Udan; 21. Tortor; 22. Dll.

    Ende (Nyanyian)

    1. Ungut-ungut;
    2. Sitogol;
    3. Jeir;
    4. Bue-bue.

    Ende-ende (Pantun, sastra lama)
    Turi-turian (Cerita Bertutur)

    1. Raja Gorga di Langit;
    2. Nan Sondang Milong-ilong;
    3. Sitapi Surat Tagan, dan lain-lain.

    Logu(Leitmotivic)

    1. Uyup-uyup;
    2. opat-opat;
    3. Ende Panjang;
    4. dan lain-lain.



    Oleh EDI NASUTION
    Gandoang, 9 Mei 2007
    SUMBER : GONDANG

      Waktu sekarang Sun Sep 24, 2017 2:49 am